Sholat Gerhana 1th keluarga permana

9 Maret 2016 Indonesia kedatangan fenomena alam gerhana matahari. Alhamdulillah kami ber 3 (ber 4 kalau janin kecil di perut dihitung) bisa melaksanakan perintah sunah baginda Rasulullah (salawat dan salam dijunjungkan atasnya) yaitu Shalat Gerhana.

Sebelum berangkat suami sudah mengingatkan sholat Gerhana ini akan panjang sekali. dan benar saja.. Alhamdulillah di mesjid dekat rumah sholatnya 45 menit! hehehe sholat terlama yang pernah saya kerjakan.

Akhwat kebagian di balkon tingkat 2 yang tepat memungungi matahari dan saya jujur hampir tidak kuat karena panas matahari yang terasa di ubun – ubun dan perut kosong belum sarapan. Sudah berkeringat dan kepayahan, tapi Alhamdulillah bisa ikut sampai selesai. Selama saya sholat saya teringat kisah dihari kiamat dan ketika umat manusia dibangkitkan kembali.. kisah mengenai matahari yang berada satu jengkal diatas kepala. menanti pengadilan tertinggi di hadapan Rabb.. hiiii.. Subhanallah berdiri dan kepanasan segini saja saya sudah kepayahan.

Lain cerita dengan suami yang berada di dalam mesjid yang berAC, tantanganya bukan panas matahari, tapi gendong Rizmi! hehe .. lagi lagi ucapan syukur.. Rizmi anteng ga berulah.. nangis dan rewel baru bacaan surat panjang ke-4 setelah ruku yang terakhir di rangkaian shalat gerhana..

sekian kisahnya.. hehe

saya simpan biar bisa saya ingat- ingat kembali. Shalat Gerhana dan rasa Syukur:)

Posted in Uncategorized | Leave a comment

aspirin kehidupan ..

as·pi·rin
ˈasp(ə)rən/
noun
a synthetic compound used medicinally to relieve mild or chronic pain and to reduce fever and inflammation.

Bibi dirumah cerita tentang TV nya di rumah, TV butut dirumah dibeli dengan harga 150 ribu ++ (biaya service berkala) yang bertahan cuma sebulan dah harus diservice ulang lagi.. si bibi dengan kodisi kehidupan seadanya berharap punya TV yang bagus dan omongan nya kesampean, si anak yang kelas 2 SMK menang lomba gerak jalan (entah dapet doorprice – bagian ini kurang jelas) dapet uang 750ribu dari sekolah. alih – alih untuk membeli perlengkpan sekolah atau kebutuhan lainnya, si bibi – ayah dan si anak memutuaskan uangnya digunakan untuk membeli TV baru, dengan nambal 250rb kebeli lah TV “dapet yang 1jt pas neng.. merek toshiba.. lumayan besar 27 inci (TV dirumah saya kalah besar)”.. jelas si bibi.. “kalo ga dipaksa punya, ya ga akan punya – punya..” tambah nya.. uang 1jt pasti uang yang luar biasa banyak buat si bibi, dan dibelanjakan untuk TV..

saya penasaran. “Bibi ga suka denger radio?”.. menurut saya- yang berusaha untuk meninggalkan TV, keputusan seperti bibi keputusan yang kurang cerdas.

tapi saya tau apa? mungkin TV dianggap hiburan, aspirin, pertolongan pertama untuk pesakitan kehidupan. saya ga bilang bibi pesakitan kehidupan.. tapi dengan kodisi seperti sekarang, bukan cuma bibi, pasti banyak orang yang menjadikian TV pelarian dari lelah, hiburan dari kebosanan dan rutinitas harian.. dengan TV, susahnya hidup bisa terlupakan sejenak.

sayang. si aspirin kehidupan ini punya efek samping yang luar biasa merusak. TV dengan suguhan hiburan ga mutu, ngerusak.. dengan bangga saya mendeklarasikan, saya sedang melakukan gerakan stop TV! gaya ya saya.

padahal saya juga sedang menegak ‘aspirin’ yang serupa tapi beda nama. internet.

saya sok- sokan, padahal saya sudah kecanduan aspirin lain, yang punya efek mungkin sama burukknya. sama – sama menyia-nyiakan waktu luang.

hayoo.. disini ada gak yang berhasil ga nonton TV, atau ga suka nonton TV, tapi hiburan nya lari ke youtube, 9gag, Facebook, Twitter, instagram. ongkosnya bukan listrik, tapi pulsa/ uang untuk langganan kuota internet.

toh sama aja kan sama si bibi cuma beda model.

Posted in Uncategorized | Leave a comment

blunder me..

blunder ‘setelah googling’ artinya kesalahan fatal..

Rizmi tidur, lagi jemur keset (*yg nyucinya pake mesin cuci, mudah2an bersih) tiba- tiba kepikiran. Kangen suasana kampus!..
saya menkmati bersekolah ria –

Menikmati dengerin dosen, menikmati begadang ngerjain tugas, menikmati ripuhnya ngurusin tugas akhir, menikmati ngeprint materi kuliahan dan menikmati deg-degan nya nungguin hasil ujian. mungkin baru terasa nikmat kalo udah ngelewatin.. hahahhaha

bersekolah-ria itu susah payah, jatuh bangun, jungkir balik.. apalagi kuliah di JTK POLBAN.. eh waktu lanjut kuliah di FASILKOM UI juga dink.. masing – masing punya tantangan nya. setelah dipikir – pikiir tenyata nikmat juga..

setelah bersusah payah itu dimana ending nya? urusan kamar, dapur, sumur? sayang banget donk..
Kalo ngurus anak ini special case. percaya deh ga mesti lulusan tinggi untuk bisa menjadikan anak sukses dunia – akhirat.. (*jadi kalo ada yg jawab, anak disayang – sayang tapi ‘diasuh’ nya sama yg lulus SD aja enggak. thats totally wrong!..) soalnya ngurus anak. percayalah… itu pelajaran kuliah ga ada yg kepake.. haha.. dan well yang perlu ditanamin ke anak bukan 1+1=2 (itumah nanti juga ngerasain pas mulai sekolah) tapi akidah yang lurus, moral yang sesuai dengan islam, dan survival (termasuk mental survival, well.. survival disini termasuk bisa urus diri sendiri, mandiri, kuat, daya juang tinggi).. * bnr apa bnr ya? hahaha … bisa dimaki-maki sama ahli perkembangan anak ni jangan – jangan..

dan.. semua yang disebutin diatas, ga perlu Sarjana.. yang penting orang nya lurus, paham agama dan mengaplikasikan agama dalam keseharian.. apakah yakin ‘pengasuh’ dirumah sudah masuk kualifikasi, jika yaa.. selamat! termasuk dari orang – orang yang sangat beruntung – apalagi dijaman yang suasah nya mencari asisten rumah tangga..

well? jadi kemana perginya susah – payah mencari ilmu yang diawal saya bahas?
kalo saya bilang itu semua termasuk ‘proses’..

‘proses’ untuk jadi manusia yang lebih baik, pahala yang lebih banyak, masa depan akhirat yang lebih baik.. well ujung – ujung nya untuk Allah SWT kan? ujung – ujung nya, cuma kita dan catatan kehidupan kita di neraca pengadilan Allah SWT kan?? dapet reward (baca : syuga) atau punishment (baca : neraka).. ya kan? inget ga?? (lebih ke ngomong sendiri, karena banyak alfa nya daripada ingetnya)… oya ‘proses’ disini durasinya sampe nafas dikrongkongan ajaa yaa.. never ending until we die :p

jadi intinya saya nulis ini apa yaa? hahahha..
cuma mau nulis. saya ga akan berhenti disini.. tujuan jadi manusia yang bermanfaat, ada dikolom tokoh dibelakang koran kompas (*bercanda) aja belum terlaksana.. jadi ‘proses’ saya akan terus berlanjut, sukur sukur bisa melampui urusan anak, sumur, kamar, dan dapur.. dan punya andil kontribusi yang besar (kontribusi untuk masyarakat? well itu mimpi idealis yang menyenangkan semakin banyak orang terpengaruh menuju kebaikan semakin banyak kontribusi saya untuk pundi – pundi pahala saya kan?..)

mulai dari mana?? well.. rapihin mainan nya rizmi setelah nulis blog ini mungkin? .. haha
blunder me.

Posted in Uncategorized | Leave a comment

imperfect life (me.. )

imperfect life me ..

curi – curi waktu, selalu dipagi hari, saat rizmi masih tidur..

kegiatan pagi hari sebelum rizmi bangun :

  • makanan rizmi – check
  • cucian piring – check
  • cucian baju – uncheck pompa mesin dari kemarin rusak
  • ngepel rumah – uncheck
  • mandi – uncheck
  • jemur rizmi sekaligus bersihin taman depan – tentative often uncheck
  • ..

dan rizmi bangun. bye

Posted in Uncategorized | Leave a comment

try

(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = “//connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.3”; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));

Mampir ya klik ini….. Semoga bisa diambil hikmahnya….. Apa aja….. Yang membuat kita bisa lebih baik

Posted by Kiki Barkiah on Thursday, April 23, 2015

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Manusia pembelajar (2)

sambil nunggu donlotan….

Rizmi tidur..tumben sampe jam segini… mungkin karena semalem gak pules tidurnya, atau mungkin karena anginnya sepoy sepoy..

kemaren seru belajar ttg marketing dan customer life-cycle value dan data-mining (karena masuk ke unit itu di XL)

sekarang? lagi gencar – gencar belajar mengendalikan stress (*eh..) haha, enggak dink.. lagi banyak belajar cara bikin MPASI, belajar baby milestone, ngerawat bayi, parenting, yang ini belajar bukan main – main karena tanggungjawabnya seorang anak yang nanti suatu saat akan menjadi manusia mandiri dan jadi bagian masyarakat.. (Semoga kamu menjadi anak yang membawa manfaat sebesar2 nya ya nak, dan meninggikan nama Allah SWT dan nabi kesayangan kita Muhammad SAW, mengharumkan nama islam dengan prestasimu.. persis seperti nama pendahulumu Al-Khawarizmi.. Amin, )…

100% full buat rizmi dan rumah, sedikit persen (ini masuk ke bagian 100% untuk rizmi) jadi freelance-an yg ngerjain dokumenatasi s/w di project ITny temen…  masih terus beradaptasi, setumpuk pekerjaan rumah yang tidak bisa terselesaikan karena terinterupsi Rizmi kadang bikin hati gak nyaman…

Ah.. belajar management waku juga ternyata…

belajar lagi..belajar lagi…:)

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Cumi sambal goreng nyaaamm..

Bahan Bahan 

  • 1/2 kg cumi basah, bersihkan, buang bagian tinta, potong 1,5 cm
  • 1/2 buah Jeruk nipis, peras dan balurkan pada cumi diamkan sebentar untuk mengilangkan bau amis
  • 1 tangkai Lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • Minyak secukupnya

Bumbu Halus

  • 6 bh cabai merah kriting
  • 2 bh cabai rawit merah
  • 1 bh tomat merah
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih

Cara Masak

  • Goreng cumi yang sudah dilumuri jeruk nipis, agar tidak alot goreng cumi di minyak yang panas (hati2 letupan minyak cumi mengandung banyak air) sebentar saja cukup 1-2 menit. tiriskan
  • Tumis semua bumbu yang dihaluskan sampai harum, masukan lengkuas dan daun salam
  • Tambahkan 2 sdm gula pasir (pengganti bumbu masak) dan garam secukupnya (1 sdm tdk penuh)
  • Masukan cumi, campurkan, aduk aduk sebentar (jgn terlalu lama). Angkat sajikan

Simple kan! salam.. Chef Mooi

Posted in Resep | Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment